BATAM, GLOBALPLANET –¬†Industri perkebunan sawit Indonesia masih membutuhkan advokasi dan dukungan dari berbagai stakeholder agar mampu menghadapi kampanye negatif terutama dari luar. Keberadaan Andalas Forum (gabungan cabang Gapki se Sumatera) menjadi kekuatan yang harus diterapkan di tempat lain seperti Pulau Kalimantan dan Sulawesi.

“Acara-acara forum seperti Andalas Forum ini perlu sebanyak mungkin diadakan untuk dua tujuan. Pertama, mengadvokasi industri sawit di daerah atas berbagai persoalan yang dihadapi termasuk yang dihadapi para petani sawit,” ujar Ketua Umum GAPKI Joko Supriyono saat menyampaikan kata sambutan dalam acara Andalas Forum di Radisson Golf and Convention Centre, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (21/2/2019).

Kedua, kata Joko, Andalas Forum menjadi media kampanye bagi industri sawit yang terbukti telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian nasional. Karena itu, forum sejenis yang akan diadakan seluruh cabang GAPKI di Pulau Kalimantan dengan nama Borneo Forum dan kemudian menyusul Celebes Forum yang akan diadakan oleh seluruh cabang GAPKI di Pulau Sulawesi.

Tahun 2018, Joko menyebutkan jumlah produksi minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) nasional mencapai 47 juta ton. “Jumlahnya kalau tidak salah 47 juta ton, terdiri dari 43 juta ton CPO dan 4 juta ton PKO (palm kernel oil). Kemudian, dari sisi devisa, sawit memberikan 20,5 miliar Dolar bagi negara di tahun 2018, dan tahun sebelumnya, di tahun 2017, jumlahnya sedikit lebiih tinggi yakni mencapai 22 miliar Dolar Amerika,” kata Joko.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Kementerian Pertanian Dedi Joenaedi mengakui Indonesia sudah menjadi raksasa dalam industri sawit sejak tahun 2006. “Kalau perlu nanti dibuat Papua Forum, yang diadakan oleh para pengusaha kelapa sawit di Papua dan Papua Barat,” ujar Dedi.

Kemudian, kata Dedi, saat ini Indonesia telah menjadi produsen, konsumen, dan sekaligus menjadi eksportir terbesar di dunia untuk kelapa sawit dan seluruh produk turunannya

Sebagai informasi, Andalas Forum diadakan oleh GAPKI se-Sumatra, minus Provinsi Bangka Belitung (Babel) dan Provinsi Kepulauan Riau yang memang belum memiliki cabang GAPKI dan bukan menjadi sentra sawit di Indonesia

Sumber : http://www.globalplanet.news/berita/14572/andalas-forum-kekuatan-advokasi-industri-sawit-dari-daerah

Leave a Reply